Sabtu, 14 Oktober 2017

Wajib Kamu Ketahui ! Inilah Ciri-Ciri Orang Yang Munafik

Wajib Kamu Ketahui ! Inilah Ciri-Ciri Orang Yang Munafik





“Dasar Kamu Orang Munafik!” sering kita dengar dari orang yang sedang dinasihati, tapi apakah ungkapan itu diungkapkan pada orang yang tepat ? Benarkah yang menasihati adalah orang munafik ? Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) disimpulkan bahwa munafik adalah berpura-pura percaya kepada agama tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak. Dalam Al-Qur'an Al-Kareem Sangat Banyak dijelaskan kelakuan-kelakuan tercela orang-orang Munafik. Dan perlu kamu garis bawahi bahwa di Akhirat orang Munafik akan ditempatkan di Neraka Jahannam.
(QS Annisa 4:140)

Sebenarnya ada banyak sifat-sifat orang munafik, namun saya memilih 13 yang pokoknya saja Berikut penuturannya dari 2 hadits besar :

Hadits Pertama, Sabda Rasulallah S.A.W dalam “Shahih Al-bukhari” milik Imam Al-bukhari & “Shahih Muslim” milik Imam Muslim :
“Empat hal yang jika ada didalam diri seseorang maka ia adalah Orang munafiq yang murni. Dan jika seseorang memiliki salah satu dari keempatnya, maka ia memiliki salah satu sifat munafiq”


1. Apabila dipercaya Berkhianat


Jika kamu mempercayai mereka untuk suatu urusan seperti mengerjakan tugas yang dibagi secara tim, atau kamu titipi barang/uang dari pusat untuk disampaikan ke tingkat desa, maka ia akan mengkhianatinya. Yap, kamu bisa lihat contohnya dari Koruptor. Untuk terbebas dari sifat ini, kamu harus jadi orang yang amanah.

2. Apabila bercerita maka mereka Berbohong


Hati-hati jika kamu sedang ngerumpi, ngegosip atau sedang hangout bareng temen sepermainan, temen kongkow yang memang biasa bercanda. Karena sering kali diwaktu itu banyak orang bercerita bohong demi menghibur/membuat teman tertawa. Niatnya bagus, tapi caranya yang salah. Biasakan jujur ya.

3. Jika berjanji maka mereka Mengingkari


Kalau kamu membuat janji dengan mereka, mereka akan datang dengan berbagai alasan. Kalau memang tidak bisa menepati, lebih baik jangan membuat janji ya. Dan bagi kamu yang muslim, biasakan berkata In-shaa allah (Jika Allah menghendaki) saat membuat janji.

4. Jika berselisih maka tidak mau kalah


Sering gak sih kamu membahas suatu permasalahan dengan orang lain, kemudian ada perselisihan pendapat didalamnya. Nah, salah satu sifat munafik adalah tidak mau kalah dalam berdebat atau berselisih. Dihindari yaa.
Hadits kedua, sabda Rasulullah S.A.W dalam “Musnad Ahmad” milik Imam Ahmad ibnu Hanbal :
“Sesungguhnya Orang-orang munafiq memiliki beberapa tanda yang dapat dikenali.”

5. Penghormatannya Laknat


Menghormati tapi dalam hatinya merasa melaknati. Senyum tapi dalam hatinya ingin mencelakai. Terlihat terpaksa saat memberikan rasa hormat.

6. Makanannya Rampasan

Kalau kamu mau ambil contoh dari kasus ini, lihatlah para penjambret dan perampok. Seperti itulah orang munafik mengais rizqi. dan contoh lebih besar lagi adalah barang haram milik rakyat yang dimakan oleh pemerintah.

7. Hartanya Curian


Yap, para pencuri memiliki sifat munafik, dan curian disini sifatnya lebih ke mencuri diam-diam (ya iyalah mana ada mencuri bilang-bilang). Maksudnya mencuri dari kas/perbendaharaan yang jadi tanggung jawabnya untuk dijaga. Hati-hati bagi kamu yang menjabat sebagai bendahara.

8. Tidak mau mendatangi Masjid
Sudah jadi sifat mereka jika mereka alergi dengan masjid-masjid. Jangankan menghadiri masjid, di dalam hati mereka pun sebenarnya mereka tidak percaya dengan tuhan. Mereka hanya ikut-ikutan dalam beragama. Semoga kita termasuk orang yang suka bahkan selalu rindu menghadiri masjid ya.

9. Tidak mendatangi shalat kecuali mengakhirkannya
Maksudnya adalah menunda-nunda sholat. Dan ini juga dijelaskan dalam Al-Qur-an surat Al-Munafiquun. Jika bagi orang iman shalat adalah istirahat yang sangat ditunggu-tunggu waktunya, maka bagi mereka shalat adalah beban yang dapat merusak Waktu mereka. Biasakan mendatangi masjid untuk shalat saat mendengar adzan yaa.

10. Sombong


Kamu pasti tidak asing dengan kata sombong. Tapi kamu mungkin asing dengan makna sombong yang ada dalam islam. Sombong dalam islam adalah : Menolak kebenaran & Meremehkan manusia. Untuk terbebas dari sifat sombong, biasakanlah mendengarkan dan menampung penyampaian orang lain dan Jangan merasa lebih tinggi kedudukannya dari orang lain, meskipun jika secara jabatan memang kamu lebih tinggi. Hati-hati bagi kamu yang memiliki jabatan & kekayaan.

11. Tidak mau mendamaikan orang berselisih dan tidak mau didamaikan apabila berselisih dirinya
Hampir semua orang pasti pernah bertengkar dengan teman mainnya ketika kecil. Dan bisa jadi kita atau teman bertengkar kita tidak mau damai setelah itu, pun juga tidak mau didamaikan oleh orang lain. Ini berkaitan dengan yang ada di hadits pertama tadi (sifat nomor 4). Nah, sifat ini bisa terbawa sampai dewasa oleh sebagian orang. Semoga kita bisa terhindar dari sifat ini ya gaes.

12. Jadi kayu waktu malam hari


Maksudnya kamu tertidur pulas tanpa bangun untuk beribadah di malam hari. Bagi umat islam, ibadah di malam hari ( sepertiga malam yang akhir / waktu sahur) adalah ibadah yang pol tingkatannya karena tidak semua orang bisa melakukannya. Ini butuh kesungguhan dan pembiasaan untuk bisa melakukannya. Mulai lah dengan bangun di sepertiga malam yang akhir entah cuma untuk shalat 1 rakaat witir atau bahkan pipis, do'a lalu tidur lagi. Kuncinya sungguh-sungguh dalam pembiasaan.

13. Ramai waktu siang hari
Kebalikan dari tingkahnya yang sunyi senyap waktu malam hari, disiang hari justru ramai membuat gaduh dalam bergaul. Kalau gak ramai gak asik. Wah, Jangan begitu ya gaes. Memang seru-seruan itu asyik, tapi adab dan moral harus dikedepankan ya. kalau sudah saatnya sholat maka sholatlah ya.
dan jangan menghabiskan hari-hari dengan selalu bergaul dan tidak melakukan hal kebaikan seperti berdzikir, membaca Al Quran, bekerja dan lain sebagainya.





Demikian yang dapat penulis tuturkan dalam tulisan ini. Mari kita sama-sama belajar agar bisa terlepas dari sifat munafik. Nah, untuk kamu yang masih sering berkata “Dasar muna!” saat dinasihati, hati-hati. Jangan sampai kamu tergolong orang sombong yang menolak kebenaran.
Semoga tulisan ini bisa diambil manfaat yaa.



Kata Kunci Terkait :
  • Ciri-Ciri Orang Yang Munafik
  • Ciri-Ciri Orang Munafik
  • Ciri-Ciri Munafik
  • Ciri-Ciri Manusia Yang Munafik
  • Ciri-Ciri Manusia Munafik
  • Orang Yang Munafik
  • Orang Munafik
  • Munafik
  • Cara Membedakan Orang Yang Munafik
  • Apa itu Munafik ?



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments