Sabtu, 08 Juli 2017

Minum Kopi Saat Perut Kosong ? Inilah Bahayanya - JCFT

Tiga Alasan Kenapa Minum Kopi Saat Perut Kosong Itu Tidak Dianjurkan




Satu Kegiatan yang banyak orang lakukan pada waktu pagi hari adalah sarapan sambil ditemani dengan secangkir kopi yang hangat. Beberapa banyak orang bahkan juga bisa tidak sarapan dan mereka hanya menyeruput secangkir kopi mereka sebelum mereka keluar rumah.  Tapi, Tahukah Anda ? atau mungkin anda juga akan terkejut saat sudah mengetahui bahwa minum kopi pada saat perut kosong di wktu pagi hari adalah ide yang sangat buruk.


Lalu apakah akibatnya jika kita meminum kopi pada saat perut kita kosong di pagi hari?

1. Asam lambung

Asam lambung juga memiliki peran sangat penting dalam mendukung kelancaran pada pencernaan makanan didalam perut, dan ini diproduksi ketika Anda sedang makan, kemudian juga sedang mencium aroma makanan, atau bahkan saat anda sedang memikirkan makanan. Di sisi lain, Asam lambung adalah sebuah cairan yang bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa adanya makanan apapun untuk diolah maka dapat merusak lapisan lambung.

Minuman Kopi sekalipun, telah terbukti dapat merangsang produksi asam. Oleh karena itu, bahayanya minum kopi saat perut kita sedang kosong adalah dapat meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.


2. Membuat Anda mudah Stress dan juga Cemas

Pada umumnya, minum kopi dapat menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan pada suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin hormon pemicu rasa tenang dan juga bahagia yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat keadaan perut kosong di pagi hari, maka efek negatif ini dipercaya dapat lebih memperburuk anda.

Kafein juga dapat merangsang sistem saraf Anda, yang berarti apabila terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan juga meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, Anda lebih mudah merasa Cemas dan Stress. Selain itu, kandungan kafein juga dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi sehingga berpotensi memicu gejala dehidrasi, yang dapat menguras energi dan menyebabkan penyakit sakit kepala.

Sebaliknya, Makanan diketahui memiliki efek yang dapat menenangkan pencernaan dan sistem saraf. Oleh karena itu, makan sambil minum kopi dapat membantu menurunkan efek pemicu stres yang dibawa oleh kandungan kopi.

3. Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari juga dapat mengganggu produksi kortisol, yaitu komponen sangat penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita untuk bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari. Di pagi hari, otak dapat melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah anda bangun tidur, ini dapat menyebabkan produksi kortisol anda menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin anda melek.

Lama kelamaan, ketergantungan tubuh akan kafein justru menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein yang anda minum yang kemudian membuat mereka terjebak dalam ketergantungan.

Sebagaimana dinyatakan di atas adalah bahwasannya meminum kopi pada saat perut kosong di pagi hari bukanlah hal yang baik. Namun memang, rasanya sulit untuk menyingkirkan kebiasaan ini. Bagaimana jika Anda masih ingin untuk meminum secangkir kopi di pagi hari?


Cara aman minum kopi di pagi hari


Bagi kebanyakan orang, kopi adalah bagian vital dari ritual harian dan hal pertama yang mereka pikirkan di pagi hari. Banyak juga yang bilang bahwa untuk memulai hari tanpa ngopi dulu bisa mengubah mereka menjadi monster galak dan menjengkelkan pada manusia lainnya.

Jika Anda ingin tetap mendapatkan minuman kopi dengan dosis kafein harian Anda tanpa harus berhadapan dengan perut mulas, para pakar menyarankan anda untuk meminum kopi setelah anda makan makanan padat. dengan cara Minum secangkir air hangat begitu bangun tidur, dan kemudian lahap sarapan Anda sebelum akhirnya bisa menyeruput kopi favorit Anda.

Jika sarapan bukanlah solusi yang baik untuk Anda saat ini, tambahkan susu atau sesendok mentega ke dalam kopi hitam Anda untuk membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek yang buruk dari kafein pada perut kosong.



MultiTag :
  • Minum Kopi Saat Belum Makan
  • Minum Kopi Sebelum Sarapan
  • Minum Kopi Pagi Hari
  • Bahaya Minum Kopi Saat Lapar
  • Bahaya Kopi Sebelum Makan



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments