Senin, 21 Agustus 2017

12 Manfaat Dari Daun Kelor Untuk Kesehatan Lengkap

12 Manfaat Dari Daun Kelor Untuk Kesehatan Lengkap





Mungkin banyak yang sudah tahu tentang tumbuhan yang satu ini dan mendengar istilah peribahasa dari "dunia tak selebar daun kelor" karena daun sendiri kelor memiliki ukuran yang kecil.

Walaupun kecil ukurannya, daun kelor memiliki segudang manfaat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib " the Miracle Tree ".

Daun kelor sendiri memiliki bentuk bulat dan lonjong, ukurannya yang kecil dan tersusun dengan rapi pada sebuah tangkai kecil, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan penyembuhan.

Organisasi kesehatan didunia WHO (World Health Organisation) juga menganjurkan bagi anak-anak dan juga bayi dalam masa pertumbuhannya untuk selalu mengkonsumsinya, karena terdapat banyak manfaat dari kandungan daun kelor yang sangat besar, yaitu mengandung :

  • Potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
  • Kalsium empat kali lipat daripada susu.
  • Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  • Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  • Dua kali lipat Protein dari pada susu.


WHO juga menobatkan pohon kelor tersebut sebagai " Miracle Tree ", setelah menemukan manfaat yang terkandung didalamnya.
Lebih dari 1.300 Studi ilmiah, artikel dan juga laporan kesehatan telah menjelaskan tentang manfaat dari daun kelor dan kemampuan dalam menyembuhkan beberapa penyakit, yang terpenting adalah dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi pada anak maupun ibu menyusui.
Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat yang penting, yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit dalam beberapa cara pengolahannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun kelor tersebut :


1. Menjaga berat badan
Hal penting yaitu menjaga tubuh agar tetap seimbang dalam hal berat badannya. Studi yang dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa teh dari daun kelor membantu anda untuk menangani masalah didalam pencernaan. yaitu untuk merangsang metabolisme didalam tubuh agar tetap optimal dalam membakar kalori didalam tubuh.
Teh daun kelor mengandung zat polyphenol yang tinggi, zat tersebut bekerja sebagai antioksidan. manfaat dari Antioksidan sendiri adalah untuk mengurangi racun di dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

2. Menghilangkan flek pada wajah
Cara membuatnya adalah dengan cara mengambil beberapa dari daun kelor yang masih muda, kemudian tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak.

Daun kelor mengandung banyak sekali nutrisi seperti Kalsium dan juga Mineral. Daun kelor dapat digunakan untuk pelembab kulit alami karena memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit luar.

Adapun bunga kelor sering sekali digunakan sebagai bahan baku dari kosmetik dan juga parfum, minyak rambut, dan minyak aromaterapi. Bunga kelor mengandung asam oleat tinggi. Minyak dari bunga kelor dapat diandalkan untuk menyerap dan juga mempertahankan aroma dari parfum.

3. Baik Untuk Ibu Menyusui Dan Anak
Daun kelor mengandung protein yang sangat besar, zat besi, dan juga Vitamin C. Selain itu ada unsur Flavonoid yang fungsinya dapat membantu ibu dalam menyusui dan menghasilkan ASI lebih banyak untuk anaknya. Kandungan protein juga membuat ASI lebih berkualitas untuk si bayi".

Kandungan zat besi yang tinggi, sekitar 25 kali lebih tinggi ketimbang bayam, maka disarankan dikonsumsi untuk ibu yang telah usai melahirkan, dimana wanita yang menstruasi sendiri umumnya kehilangan banyak sekali zat besi.

untuk anak-anak dapat mengkonsumsi sejak 6 bulan keatas.
Namun, Ibu hamil perlu untuk menghindari pengonsumsian daun kelor saat sedang hamil, terutama trisemester pertama. karena sangat tidak dianjurkan.

4. Menyehatkan mata
Daun kelor memiliki banyak sekali kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi daun kelor bermanfaat agar organ mata selalu dalam keadaan sehat,segar dan jernih.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal
Kelor juga dapat membantu meringankan kinerja ginjal karena dapat memperlancar penyerapan sari makanan didalam darah.

6. Dapat Mengobati Penyakit Rematik
Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit rematik. Daun kelor sendiri didalam pengobatan rematiknya berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang timbul pada persendian dan mengurangi penumpukan asam urat pada daerah sendi, Manfaat lainnya dari daun kelor ini juga dapat dimanfaatkan untuk Pegal linu, Nyeri dll.

7. Mencegah penyakit jantung
Daun kelor baik untuk ginjal maka secara otomatis darah akan menjadi lebih encer dan juga akan memperingan kerja jantung dalam memompa darah, maka jantung akan lebih sehat dan tidak diperlukan tenaga ekstra kinerja dari jantung yang dapat menyebabkan kerusakan apabila itu terjadi baik kinerja maupun kotoran dalam darah.

8. Pencegah Kanker
Manfaat Daun kelor dari hasil ekstraksi kelor mampu untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi oleh sel-sel kanker didalam tubuh. Peneliti menyimpulkan bahwasannya daun kelor menunjukkan beberapa potensi sebagai pencegah alami penyakit kanker.

9. Mengatasi diabetes
Pada daun kelor mempunyai kandungan mineral yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu zat seng, membuat daun kelor memiliki sebagai sifat pencegah diabetes. Kandungan penting diatas sangat diperlukan untuk produksi insulin,

Daun kelor juga berfungsi untuk mengurangi kadar gula didalam darah sehingga kadar didalam darah menjadi normal kembali. Sehingga mengkonsumsi sayur daun kelor bisa untuk mencegah penyakit gula darah atau diabetes didalam darah.

Senyawa Asam Chlorogenic yang ada pada daun kelor terbukti dapat membantu dalam pengontrolan kadar gula didalam darah dan memungkinkan sel untuk mengambil ataupun melepaskan glukosa (gula) didalam darah. Selain zat Asam Chlorogenic, senyawa Isothiocyanate juga dapat difungsikan untuk mengatasi penyakit diabetes.

10. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Daun kelor memiliki sifat sebagai Anti-Inflamasi, yang dapat mencegah atau mengobati sakit Maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan juga infeksi didalam pencernaan lainnya. Penggunaan dari minyak kelor juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan menyehatkannya.

11. Menurunkan Kolesterol
Salah satu manfaat dari daun kelor yaitu untuk menjaga kadar darah dan dapat mencegah kolesterol yang dapat membahayakan tubuh.
Hal ini disebabkan karena daun kelor tersebut memiliki kandungan zat Hiocarbamate Glikosida, Nitrile dan Glikosida dari minyak Mustard, yang memiliki banyak manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

12. Menjaga kesehatan otak
Daun Kelor merupakan makanan dengan memiliki protein yang tinggi dan kaya akan Asam Amino Triptofan, selain itu daun kelor memiliki manfaat sebagai Neurotransmitter, yaitu membantu pada otak untuk menjaga mood anda dan menjadikan anda merasa lebih baik.

Adapun Kandungan lainnya yaitu Antioksidan dan senyawa Tiroid, bermanfaat untuk menjaga energi didalam tubuh,yang bertujuan untuk mencegah kelelahan yang berlebih, depresi, suasana hati yang buruk dan juga insomnia.

Efek Samping :

  1. Hindari pengonsumsian Akar kelor karena terdapat zat beracun didalamnya.
  2. Ibu hamil dilarang mengkonsumsi kelor baik daun maupun bunga, karena dikhawatirkan akan mengganggu janin dan perkembangan yang dapat menyebabkan keguguran.




Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan pada artikel Manfaat Dari Daun Kelor Untuk Kesehatan Lengkap.


Semoga dengan adanya artikel saya ini bisa memberi anda pengetahuan pada daun kelor untuk kesehatan anda yang akan membuat anda tetap sehat bugar dan awet muda.
Apabila ada kekurangan bisa berikan kritik dan saran di kolom komentar dibawah artikel saya ini.
Sekian dan Terimakasih.



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments