Kamis, 17 Agustus 2017

Inilah Khasiat Yang Terkandung Didalam Daun Salam Untuk Kesehatan

Inilah Khasiat Yang Terkandung Didalam Daun Salam Untuk Kesehatan





Daun salam merupakan salah satu herbal di indonesia yang mempunyai banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya.
Daun salam juga sering sekali digunakan untuk memasak agar makanan menjadi terasa lebih nikmat. dengan demikian daun salam juga sangat berperan sebagai bumbu penyedap bagi masakan anda.
daun salam juga cocok dicampurkan pada masakan dalam bentuk kering habis dijemur ataupun masih segar setelah memetik.

Dibalik semua itu, ada banyak sekali manfaat didalam daun salam yang sangat penting untuk kesehatan, namun banyak sekali orang yang mengabaikan hal tersebut.

Daun salam sangat membantu dalam menyembuhkan beberapa penyakit, ini merupakan berita yang bagus terutama untuk orang yang kurang suka dalam penggunaan obat-obatan yang terbuat dari kimia.

Namun, bukan semua penyakit yang dapat di atasi menggunakan daun salam.
Berikut ini merupakan kandungan dari daun salam sendiri :

  • Sebagai Antioksidan yang mana kandungan antioksidan tersebut yang ada pada daun salam mampu untuk mengobati beberapa penyakit yang ada pada kulit dan tubuh.
  • Salisilat, Asam Caffeic dan juga Fitonutrien. Tiga kandungan tersebut diyakini mampu untuk meningkatkan kesehatan pada jantung, mencegah stroke dan juga kanker.
  • Flavonoid. Berfungsi untuk membantu menormalkan darah dan penyakit hipertensi.
  • Vitamin yang terkandung pada daun salam di antaranya adalah Vitamin A dan Vitamin C.




1. Menurunkan dan menyembuhkan Penyakit Kolesterol
Tinggi kolesterol adalah hal yang sangat dikhawatirkan banyak sekali orang, karena kolesterol sendiri dapat memicu banyak sekali penyakit berbahaya lainnya, yang bahkan bisa menyebabkan kematian.

Daun salam sangat manjur dalam membantu menurunkan kolesterol pada tubuh anda, penggunaanya adalah dengan cara merebus daun salam. Pada umumnya air untuk merebus daun adalah sebanyak 3 gelas air, yang direbus hingga terlihat sisa 1 gelas air saja didalam panci.
Adapun Jumlah dari daun salam sendiri yang digunakan saat ingin di rebus sebanyak 8-12 lembar. 

Periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Bernama Anugrah Riansari dan Suhardjono, menguji praklinis dari daun salam "Syzygium polyanthum" yang menggunakan bahan percobaan berupa tikus wistar jantan sebanyak 28 ekor.

Penelitian tersebut membagi tikus dalam 4 grup yang berbeda, masing-masing 7 ekor. Riansari memberikan pakan tinggi lemak kepada satwa pengerat selama 15 hari berturut-turut sehingga kadar kolesterol-nya meningkat.

Setelah selama sepekan pemberian asupan lemak yang tinggi pada tikus, kadar kolesterol total semua kelompok (tikus percobaan tersebut) hampir sama, rata-rata 105,98 mg/dL, di atas ambang normal. Kenaikan kolesterol total terjadi pada semua grup, berkisar 35,29 – 36,77 mg/dL.
Kemudian mereka memberikan ekstrak daun salam kepada 3 grup yang berdosis masing-masing 0,18 gram, 0,36 gram, dan 0,72 gram per kg bobot tubuh. Hasilnya adalah kadar dari kolesterol total satwa itu turun menjadi 43,48 mg/dL pada kelompok yang mengonsumsi sebanyak 0,72 gram.

Menurut Riansari bahwa semakin besar dosis yang digunakan (tetapi tidak berlebihan), maka semakin besar pula dalam penurunan kadar kolesterol total yang dimiliki.
Menurut Riansani dan Suhardjono, bahwa penurunan kadar kolesterol total itu terjadi karena daun salam memiliki kandungan senyawa aktif seperti Flavonoid, Tanin, dan Saponin.

Salah satu kandungan Flavonoid yang terdapat pada daun salam adalah Quercetin, Quercetin merupakan kandungan antioksidan yang kuat untuk dapat mencegah oksidasi LDL (Low Density Lipoprotein atau Lipoprotein Berdensitas Rendah).

LDL atau kolesterol jahat ini mudah sekali melekat pada jaringan pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan banyak penumpukan lemak, serta juga menyumbat pembuluh darah maka kemungkinan menjadikan serangan jantung itu lebih besar apabila tidak dicegah.

Senyawa tanin bermanfaat sebagai Antioksidan, Astringen dan Hipokolesterolemi. Tanin bereaksi dengan protein mukosa dan sel epitel didalam usus, yang menghambat penyerapan lemak. Peng-kelasan sederhananya adalah tanin berfungsi untuk menekan dalam penyerapan lemak didalam tubuh.

Senyawa saponin berfungsi untuk mengikat jaringan kolesterol dengan menggunakan asam empedu yang dapat menurunkan dari kadar kolesterol yang ada.

Kandungan Serat di dalam daun salam sangat berfungsi untuk menghambat proses absorbsi kolesterol di dalam usus, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol didalam perncernaan.

Peneliti di Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, yang bernama As’ari Nawawi PhD, membenarkan bahwa kandungan minyak Asiri dan Tanin yang ada di dalam daun salam dapat menurunkan kolesterol.

Pembuktian lainnya,
periset lain dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Pidrayanti. Menemukan bahwa kandungan zat aktif di dalam daun salam berfungsi untuk merangsang sekresi cairan empedu, yang membuat kolesterol didalam tubuh akan keluar bersama cairan empedu menuju usus besar.

Selain itu, Zat aktif tersebut juga dapat merangsang sirkulasi udara didalam darah, yang dapat mengurangi terjadinya pengendapan lemak berlebih didalam pembuluh darah.

Menurut dokter herbalis di daerah Bintaro, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, bernama Dr Prapti Utami, kolesterol tinggi biasanya terbentuk karena konsumsi dari makanan berlemak tinggi seperti Daging, Makanan gorengan, dan gula-gula yang berlebih.

Gejala awal dari kolesterol berupa rasa pegal di punggung, penyakit ini bisa menyebabkan jantung koroner, karena pembuluh darah yang menyempit dikarenakan penutupa oleh lemak jahat.

Untuk bisa mencegah kandungan kolesterol tinggi didalam tubuh, perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. 
Prapti Utami juga menjelaskan daun salam adalah salah satu pilihan herbal alami yang baik, untuk pasien yang mempunyai kadar berkolesterol yang tinggi.

Selain daun salam, obat alami lain untuk mengatasi kolesterol lainnya yaitu Seledri dan bawang putih, yang sudah terbukti secara ilmiah dapat mengatasi kolesterol.


2. Mengatasi Penyakit Diabetes
Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah pada penderita yang naik, kadar gula darah yang naik sangat berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya beberapa komplikasi penyakit.

Komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes sangatlah serius, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, fungsi hati rusak, hipertensi, stroke, impotensi, dll.

Pemicu naiknya kadar gula darah bukan hanya makanan yang banyak mengandung gula saja, tetapi juga karena kebiasaan gaya hidup yang sangat tidak sehat. Terlalu banyak konsumsi gula serta makan makanan yang tidak sehat, membuat kondisi tubuh yang menjadi obesitas (kelebihan berat badan), yang membuat resiko sangat tinggi untuk terkena diabetes.

Penderita diabetes tidak boleh makan nasi ataupun gula, biasanya makanan pokok nasi diganti dengan singkong atau jagung, atau yang semacamnya (dari sisi kandungannya bebas dari kadar karbohidrat).

Karena nasi mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menyebabkan kenaikan kadar gula di dalam darah, sehingga penderita perlu menghindari asupan karbohidrat setiap harinya, yang banyak berasal dari nasi putih biasa.

Caranya bisa dengan memanfaatkan rebusan daun Salam, anda perlu rutin konsumsi air dari rebusan daun salam agar kadar gula darah turun (menjadi normal). Cara alami seperti ini cukup aman untuk tubuh, dan juga bebas dari bahan kimia berbahaya.

Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun salam ini sebanyak 2 kali dalam sehari. berikut inilah cara membuat ramuan daun salam untuk penderita diabetes :
  • Pertama-tama ambil beberapa lembar daun salam, cuci hingga bersih.
  • Rebus daun salam dengan air hingga mendidih
  • Angkat air rebusan lalu saring
  • Tunggu beberapa saat, agar air rebusan yang panas tersebut menjad hangat, lalu minum

Yang anda lakukan hanyalah perlu meminu air dari rebusan daun salam ini sebanyak 2 kali sehari dengan tertatur, niscaya penyakit diabetes anda berangsur akan menghilang sendirinya.



Demikian yang dapat saya sampaikan dalam artikel Inilah Khasiat Yang Terkandung Didalam Daun Salam Untuk Kesehatan.

Semoga dengan adanya artikel saya ini dapat memberikan manfaat bagi anda dalam menyehatkan diri anda secara alami tanpa efek samping oleh penggunaan obat kimia.
Sekian dan Terimakasih.



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments