Kamis, 25 Mei 2017

Pengertian Bitcoin Lengkap

Pengertian Bitcoin Lengkap



Hai sobat,
Taukah kalian tentang sejarah, Kinerja, dan kelebihan daripada Bitcoin itu sendiri ?

disini saya akan menjelaskan dengan lengkap bitcoin dan keberadaan bitcoin di indonesia seperti apa.

Sejarah Bitcoin
Bitcoin merupakan terjemahan dari sebuah konsep terbaru yang bernama “CryptoCurrency” yang pertama kali dicetuskan oleh Wei Dai pada tahun 1998. Konsep ini menekankan pada sistem kendali yang mengatur tentang penciptaaan dan juga transaksinya, di mana kode algoritma atau kriptografi mengatur hanya pemilik Bitcoin-lah yang dapat menggunakan uang tersebut, kemudian masing-masing dari pemilik Bitcoin tersebut dapat berperan sebagai suatu pengguna sekaligus pengatur mata uang yang dimilikinya, bukan oleh peraaturan pemerintah atau lembaga keuangan tertentu.

Mata uang Bitcoin ini pertama diterbitkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 lalu. Namun setelah setahun kemudian dia meninggalkan proyek besar Bitcoin ini tanpa mengungkap siapa itu dirinya. Tapi dengan pengembangan seiring dengan waktu, Bitcoin terus berjalan dengan memunculkannya pengembang-pengembang baru yang berada dalam komunitasnya, bahkan juga aplikasinya bitcoin yang berbasis open source dapat diunduh pada selulernya oleh pengembang yang sedang ingin mereview kembali barisan kode yang ada di dalam tersebut atau membuat sendiri aplikasi Bitcoin versi mereka dengan kreativitas mereka sendiri.

kalian juga taukah kinerja bitcoin ?

Cara Kerja Bitcoin
Bitcoin menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan yang terpusat pada server, yang artinya ia dapat ditransfer ke manapun dan ke siapapun selama ia ada dalam jaringan internet. Mata uang yang dimilikinya ini oleh seseorang tersebut nantinya akan disimpan pada suatu aplikasi yang bernama Bitcoin Wallet. Jadi, Anda tidak akan menerima uang dalam wujud fisik yang nyata apapun selain berupa aplikasi di gadget Anda karena ini memang berbentuk Virtual. Aplikasi ini haruslah terpasang di komputer anda, tablet ataupun smartphone penerima dan pengirim agar dapat bertransaksi. Selanjutnya pemilik Bitcoin akan mendapatkan yang namanya Bitcoin Address dari penerima yang berguna untuk menerima kiriman saldo Bitcoin seperti layaknya alamat email. Seluruh komputer yang terhubung pada jaringan Bitcoin akan menjadi pengatur sekaligus yang memverifikasi data transaksi guna mencegah terjadinya kecurangan pada jaringan. jadi tidak ada yang namanya korupsi . dan mereka yangg membantu tervalidasinya transaksi adalah mereka yang mempunyai Hardware yang sangat pintar dan mereka bernama Miner.

Apa Kelebihan Bitcoin?
Bitcoin mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan mata uang konvensional, yaitu antara lain adalah :

  1. Tanpa batas, ia dapat dikirim di dan ke mana saja di seluruh belahan dunia kapanpun.
  2. Biaya transfer yang relatif kecil bahkan 0.
  3. Resiko yang minimal, relatif lebih aman dan tidak menggunakan informasi-informasi pribadi yang bersifat penting atau rahasia.
  4. Netral dan transparan, Anda bahkan dapat melihat dan memverifikasi secara real-time pasokan dan ketersediaan rantai blok Bitcoin. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tidak ada satupun lembaga yang dapat mengatur atau memanilupasi Bitcoin.


Lalu Apa Kelemahan dari Bitcoin ini?
Selain kelebihan, Bitcoin juga punya beberapa kelemahan. Misalnya:

  1. Masih banyak orang yang belum menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.
  2. Total sirkulasi dan perusahaan/organisasi yang menerima Bitcoin masih relatif kecil
  3. Aplikasi Bitcoin masih dalam fase beta sehingga ada banyak fitur yang sedang dalam pengembangan dan belum bisa dipergunakan.
  4. Rawan terjadi penipuan, apabila sudah transaksi tidak bisa dikembalikan dan identitas penerima pun juga tidak dapat diketahui


Cara Mendapatkan Bitcoin
Ada dua cara mendapatkan Bitcoin secara legal :

Pertama, dengan cara membeli saldo bitcoin dari exchanger Bitcoin itu sendiri yang resmi.
Kedua, dengan mengikuti Bitcoin Mining. atau disebut dengan Miner yaitu membantu Verifikasi dari semua transaksi dalam bitcoin.
Apabila Anda menginginkan yang cepat dan mudah, pilihlah metode yang Pertama. Karena cara kedua membutuhkan komputer canggih yang disebut Application-Specific Integrated Circuit (ASIC) dan prosedurnya pun tidak mudah. dan hardware ini pun terbilang cukup mahal.


Bitcoin di Indonesia
Bitcoin sejak beberapa tahun silam memang sudah merambah sampai ke Indonesia, meskipun demikian pemanfaatannya masih terbilang sangat terbatas. Kondisi ini karena dipengaruhi oleh pernyataan otoritas keuangan tertinggi di tanah air, Bank Indonesia sudah melarang penggunaan Bitcoin dalam negara ini. Kajian soal bagaimana cara penggunaan Bitcoin di Indonesia sendiri masih terus dilakukan walaupun tampaknya membutuhkan waktu yang cukup panjang.

dan menanggapi larangan tersebut, Oscar Darmawan dari Bitcoin Indonesia, menilainya sangat kurang tepat karena menurut mereka Bitcoin bukanlah mata uang sebagaimana yang sudah diatur oleh undang-undang negara. Bitcoin lebih bersifat sebagai media transfer pada saat digunakan untuk transaksi.

Di Indonesia sendiri menurut pendiri Bitdoku, Tiyo Triyanto berkata jumlah penggunaan bitcoin terus bertumbuh setiap tahunnya dikarenakan jumlah yang banyak menyebabkan kurs atau nilai tukar sangatlah mahal untuk mata uang ini.

“Jumlah peredaran bitcoin dalam satu hari di Indonesia dapat mencapai 150-200 unit. Tahun lalu, hanya terdapat 10 unit per hari” katanya seraya menambahkan bahwa nilai transaksi yang rata-rata mencapai 600 ribu Rupiah.

CEO BitX Marcus Swanepoel mengatakan bahwa ia melihat “pertumbuhan dari dompet bitcoin BitX yang sangat bagus di Indonesia.


cukup sekian informasi dari saya.
apabila subat merasa bahwa sobat terbantu dengan adanya artikel ini sobat bisa share ke teman sobat agar mereka sama mengetahui.
untuk terus mengikuti tips, trik dan info terbaru sobat cukup subscribe menggunakan email kalian.



TERIMAKASIH



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments