Kamis, 12 Oktober 2017

Cara Mudah Hafidz Al Quran Tanpa Frustasi

Cara Mudah Hafidz Al Quran Tanpa Frustasi





Hafidz Al Quran - Adalah seseorang yang benar-benar menguasai suatu bacaan Al-Quran dengan baik dan benar dari segi Panjang Pendeknya dan Mahrajnya maka keduanya adalah bersifat wajib dan tidak dapat dipisahkan. Namun untuk dari segi Nada adalah nilai Plus tersendiri.

Dan artikel ini murni saya tulis sendiri menurut versi saya, yang saya anggap jalan termudah dan santai dalam menghafalkan Al Quran dimanapun (Kecuali kamar mandi/WC) dan kapanpun anda mau tanpa frustasi karena anda berkeinginan keras untuk hafal(Bagi yang sering letih matanya karena terus membaca)

Sebelum itu saya disini memberikan syarat yang harus dipegang sebelum anda melakukan semua itu,
Berikut merupakan syaratnya :

1. Niat Karena Allah
Pada Syarat nomor 1 ini wajib dan hanya manusianya yang dapat menggerakkan hatinya masing-masing. Niatilah menghafalkan Al Quran untuk digunakan sebagai media mencari pahala dan sebagai bekal kita di Akherat kelak, karena Syafaat dari Hafal Al Quran adalah dapat mensyafaati orang yang dikehendaki. Bagaimana? Tertarikkah Anda?

2. Menanamkan Rasa Cinta Terhadap Al Quran
Cinta terhadap Al Quran adalah awal dan harus dimiliki oleh seorang muslim yang baik, karena tanpa adanya hal tersebut, kita dapat menjadikan kita bersemangat di awalnya saja. lama kelamaan akan bosan dan meninggalkan Al Quran(Maksudnya Berhenti Menghafal) karena tidak ada cinta didalam hatinya.

3. Semangat
Apabila nomor 2 sudah anda miliki maka untuk menguatkannya maka, anda harus memberi semangat pada diri anda sendiri dengan berbagai cara. salah satunya adalah dengan cara menyimpan uang yang cukup untuk digunakan sebagai alat untuk membayar makanan kesukaan kita misalnya, suka Bakso.
maka apabila kita belum berhasil menghafalkan surat yang ditargetkan maka kita tidak boleh mengambil uang kita untuk dibelikan sebelum sudah benar-benar hafal satu surat tersebut secara berulang-ulang sampai 33x tanpa ada jeda ditengah. apabila jeda maka kembali di hitungan awal.
Cara Nomor 3 diatas sudah saya lakukan dan alhamdulillah berhasil, pada saat itu saya benar-benar semangat dan akhirnya hafal surat yang saya targetkan.
Ini bukanlah merupakan kesyirikan(mempunyai keinginan selain Allah) karena ini adalah media penyemangat saja, dan hadiah merupakan pemacu. Ingatkah kita pada orangtua yang akan memberi kita hadiah apabila kita mau sholat atau mau mengaji atau apapun itu pada saat kita masih kecil? apakah orangtua berdosa? maka jawabannya adalah TIDAK!!!

4. Tidak Mempunyai Kesombongan(Tawadu') Dan Baik
Apabila anda mempunyai Syarat nomor 1 maka nomor 4 secara otomatis akan mengikuti anda. karena sangatlah percuma apabila anda hafal bahkan sampai 30 Jus sekalipun kalau Niat anda tidak karena Allah dan hanya untuk pamer agar dikira faham oleh kebanyakan orang. maka yang anda dapatkan adalah Niat tersebut dan Allah mentiadakan Syafa'at dan pahala untuk Anda. maka anda harus tetap rendah hati Karena Allah Ta'ala.

5. Lancar Ibadah Wajib
Nomor 5 adalah syarat terakhir dan Wajib oleh semua umat muslim, Syarat ini tertera pada Rukun Iman dari Nomor 1-4 dan 5 bagi yang mampu.
  • Syahadat (Harus dan maksudnya sudah Islam)
  • Sholat (Beribadah 5 waktu)
  • Zakat
  • Puasa (Puasa Wajib)
  • Haji (Wajib apabila anda mampu)

Nah syarat nomor 5 harus dimiliki, karena percuma juga apabila anda bersungguh-sungguh terhadap menghafalkan Al Quran tetapi Wajibnya di singkirkan. Bagi allah Wajib itu utama, "barangsiapa yang meninggalkan rukun ini maka siksa dekat baginya".
Syukur-syukur anda menambah dengan mengerjakan sunnah. akan ditambah pula pahala anda.


Maka apabila anda sudah memliki syarat 5 diatas, Anda bisa dikatakan siap untuk menghafalkan Alquran.

Cara Mudah Hafidz Al Quran Tanpa Frustasi :
Kenapa Frustasi? karena banyak dari mereka yang tujuannya menghafalkan namun mereka harus berhenti karena dirasa tidak kuat didalam menghafalkannya karena memang alquran bukan hanya satu dua huruf tapi beribu huruf. maka dari itu saya disini memberikan Tips agar didalam kita menghafal bisa menjadikan kita tidak Frustasi dan Mudah.
Dan disini saya menggunakan semua 3 komponen anugerah dari allah yang dapat kita gunakan untuk media penghafal, yakni : Telinga, Mata dan Mulut.

Berikut merupakan Cara-Caranya yang dapat anda ikuti,

1. Tahap Target
Target adalah hal pertama yang harus ditentukan diawal suatu kinerja, target adalah hal yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan suatu metode. tanpa target maka anda akan berhenti ditempat saja. untuk menambah teknik menyelesaikan target bisa dengan cara hadiah yang bisa diambil kalau dapat menyelesaikan target secara berulang-ulang sebanyak 33x tanpa jeda dan fasih.
Saran saya target bisa dimulai dari Juz 30 yaitu dari " An-Naas " dahulu yang mudah dahulu, karena pembelajaran dari kecil sampai besar manusia adalah dari Sekolah Dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi.
Belajar sepeda dari roda tiga ke belajar motor sampai belajar mobil.
dengan cara dasar maka kita akan menggapai yang tinggi.

2. Tahap Pengenalan Huruf Dengan Audio MP3
Pada tahap ini kita menggunakan anugerah Pendengaran.
Tahukah kalian telinga? Allah memberikan keutamaan pada telinga yaitu tidak mempunyai Letih dalam bekerja(Subhannallah) adakah bagi kalian yang mempunyai telinga normal bisa capek mendengarkan suara apapun didunia? jawabnya adalah TIDAK!!!
Maka kita harus menggunakan nikmat pemberian allah dengan sebaik-baiknya.
Namun ada juga yang gemar membaca daripada mendengarkan, karena tipe manusia ditinjau adalah berbeda satu dari yang lainnya.
Dari tahap ini merupakan tahap yang cukup lama, biasanya kalau 100 ayat bisa sampai 1-2 bulan. tergantung dari kemampuan kita. namun jangan khawatir, karena berdasarkan kemampuan tersebutlah kita bisa menghafal tanpa frustasi.
Perlu diperhatikan, bahwa kita harus fokus satu Audio yaitu surah yang kita hafalkan itu saja dan jangan dicampuri dengan mendengarkan surah lain.
dan tehniknya adalah menyambung dari ayat sebelumnya ke ayat berikutnya sampai benar, jangan sampai melanjutkan ke ayat berikutnya kalau belum bisa menyambung.
Dan apabila kita sudah menguasai nada dari lagu tersebut dan dapat mengikuti dengan lancar maka anda dapat melanjutkan ke tahap ketiga,

Anda bisa mendownload kumpulan lagu yang sesuai dengan kemampuan suara Anda    DISINI   
Atau pada sumber lainnya di Internet apabila dalam pencarian anda diatas tidak menemukan Recitation(Bacaan) sesuai yang anda inginkan.

3. Tahap Mencocokan Huruf,Panjang dan Pendek Bacaan.
Pada tahap ini kita menggunakan anugerah Penglihatan dengan cara cocokan antara bacaan dengan kenyataan huruf didalam Kitab Al Quran secara langsung dengan cara membaca dan menyimak bacaan Al Quran sendiri. maka dari Tahap ini kita dapat mengetahui dimana kesalahan yang seharusnya kita perbaiki.

4. Tahap Melancarkan
Pada tahap ketiga ini kita memanfaatkan anugerah Berbicara
Apabila sudah dirasa sesuai pada tahap ketiga, maka kita hanya perlu melakukan tahap keempat dengan cara Mengucapkan/Melafadzkan dan Melancarkan bacaan Surah tanpa Mendengar maupun Melihat. Apabila ada kesalahan pada ayat tertentu maka jangan segan-segan untuk mengulang, karena dengan mengulang akan menguatkan bacaan sebelum salah dan hanya perlu memperbaiki bagian yang salah, jangan sekali-sekali melanjutkan saat salah.
Saya sarankan 33x bacaan surah dengan benar tanpa jeda anda sudah dianggap sudah cukup hafal, untuk lebih dalam hafalnya maka bisa lebih dari 33x

5. Tahap Finishing
Pada tahap terakhir ini adalah berfungsi untuk pengetesan bacaan anda sudah benar-benar sesuai kaidah apa tidak dan mengetahui kesalahan anda dari sisi pandang orang lain yang lebih ahli. Contoh: mengetest bacaan pada guru mengaji atau Ustadz dan mereka menyimak menggunakan Al Quran atau tidak apabila mereka sudah Hafidz pula.
Kalau dirasa kedua unsur diatas tidak anda miliki dan anda adalah orang biasa yang ingin belajar dan bukan anak remas(Remaja Masjid). maka anda bisa mengetest bacaan anda dengan Istri anda atau Teman atau Kerabat dengan cara menyimak menggunakan Al Quran atau Tidak apabila mereka Hafidz pula.



Itulah yang dapat saya berikan beberapa cara yang sudah saya coba dan saya praktekkan berhasil, hanya perlu kesabaran untuk menyelesaikan sebuah surah.
Semoga artikel saya ini dapat membantu anda.
Berikan sebuah komentar apabila anda mempunyai pendapat,saran maupun kritik dari artikel saya ini.
Sekian dan Terimakasih.





Kata Kunci Terkait :
  • Cara Mudah Hafidz Al Quran
  • Cara Hafidz Al Quran Dengan Mudah
  • Mudah Hafidz Al Quran
  • Menghafal Al Quran
  • Menghafal Al Quran Dengan Mudah



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments